ARTIFICAL INTELLIGENCE

SEJARAH ARTIFICAL INTELLIGENCE




Istilah AI pertama kali dikemukakan dikonfrensi Darthmouth pada tahun 1956. Tetapi perkembangan AI sudah direncakan sejak tahun 1941. Berikut adalah perkembangan dari AI :

ERA KOMPUTER ELEKTRONIK :
  • Ditemukan pertama kali alat penyimpanan dan pemrosesan informasi yang disebut komputer elektronik. Penemuan ini menjadi dasar penggembangan program yang mengarah ke AI.
MASA PERSIAPAN AI (1943-1956) :
  • Tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts mengemukakan 3 hal, yaitu :
  1. Pengetahuan fisiologi dasar dan fungsi sel syaraf dalam otak
  2. Analisis formal tentang logika proposisi
  3. Teori komputerisasi turing
  • Tahun 1950, Norbert Wiener membuat penelitian tentang prinsip feedback. Contoh yang terkenal adalah thermostat.
  • Tahun 1956, John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester untuk membantunya melakukan penelitian dalam bidang Automata, Jaringan Syaraf, dan Pembelajaran Intelinjensia.
AI SAAT INI :

Beberapa teknik AI yang digunakan pada saat ini yaitu searching, reasoning, planning, dan learning. 
  1. Searching adalah teknik untuk pencarian optimum pada berbagai masalah seperti jarak tempuh, kamus, web browser. 
  2. Reasoning adalah teknik untuk penalaran, seperti permainan catur. 
  3. Planning adalah teknik untuk perencanaan, seperti software untuk menentukan minimum requirement sebuah pesawat terbang dll. 
  4. Learning adalah teknik untuk pembelajaran, yaitu komputer mampu belajar sendiri hanya diberi pengetahuan tertentu. Contohnya mesin penerjemah.

DEFINISI DARI AI : 

Artifical Intellegence atau Kecerdasan Buatan adalah suatu cara untuk membuat atau menciptakan sebuah mesin cerdas dengan menggunakan alat bantu, sehingga mesin cerdas tersbut dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia. 

CONTOH PENERAPAN AI :

  1. Natural Languange Processing,  NLP mempelajari bagaimana bahasa alami itu diolah sedemikian hingga user dapat berkomunikasi dengan komputer.
  2.  Sistem Pakar, Bidang ilmu ini mempelajari bagaimana membangun sistem yang memiliki keahlian memecahkan masalah sehari-hari seperti para ahli.
  3. Robotika dan Sistem Navigasi, Bidang ilmu ini mempelajari bagaimana merancang robot yang berguna untuk sektor industri dan membantu manusia   





  

Komentar

Postingan Populer