PERBANDINGAN FRAMEWORK ITIL, COBIT DAN ETOM


Membandingkan Framework ITIL, COBIT, dan eTOM pada Manajemen Layanan Sistem Informasi

Manajemen Layanan Sistem Informasi atau IT Service Management (ITSM) adalah isitilah umum untuk menggambarkan pendekatan untuk merancang, menghasilkan, mengelola dan meningkatkan penggunaan teknologi informasi yang digunakan dalam perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua proses, sumber daya manusia dan teknologi berada pada tempat/berjalan dengan benar sehingga organisasi dapat mencapai tujuan bisnisnya.

Adapaun macam-macam Framework ITSM adalah :


1. Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
Merupakan sebuah konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi teknologi informasi. ITIL menekankan siklus hidup layanan yang disediakan oleh teknologi informasi dibagi menjadi 5 bagian :

a.) Service Strategy
Inti dari ITIL Service Lifecycle adalah Service Strategy.

Service Strategy memberikan panduan kepada pengimplementasi ITSM pada bagaimana memandang konsep ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan organisasi (dalam memberikan, mengelola serta mengoperasikan layanan TI), tapi juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan. Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar dari konsep ITSM, acuan-acuan serta proses-proses inti yang beroperasi di keseluruhan tahapan ITIL Service Lifecycle. 



Proses-proses yang dicakup dalam Service Strategy :

  • Service Portfolio Management
  • Financial Management
  • Demand Management

b.) Service Design
Berisi prinisp-prinsip dan metode-metode desain untuk mengkonversi tujuan-tujuan strategis organisasi TI dan bisnis menjadi portofolio/koleksi layanan TI serta aset-aset layanan seperti server, storage, dan lainnya. 
Ruang lingkup Service Design tidak hanya untuk mendsain layanan TI baru, namun juga proses perubahan maupun peningkatan kualitas layanan, kontinyuitas layanan maupun kinerja dari layanan.
Proses-proses yang dicakup dalam Service Design yaitu :
  • Service Catalog Management
  • Service Level Management
  • Supplier Management
  • Capacity Management
  • Availability Management
  • IT Service Continuity Management
  • Information Security Management
c.) Service Traansition
Service Transition menyediakan panduan kepada organisasi TI untuk dapat mengembangkan serta kemampuan untuk mengubah hasil desain layanan TI baik yang baru maupun layanan TI yang dirubah spesifikasinya ke dalam lingkungan operasional. Tahapan lifecycle ini memberikan gambaran bagaimana sebuah kebutuhan yang didefinisikan dalam Service Strategy kemudian dibentuk dalam Service Design untuk selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service Operation.

d.) Service Operation
Service Operation merupakan tahapan lifecycle yang mencakup  kegiatan operasional harian pengelolaan layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat panduan pada bagaimana mengelola layanan TI secara efisien dan efektif. Panduan-panduan ini mencakup bagaiman menjaga kestabilan operasional layanan TI serta pengelolaan perubahan desain, skala, ruang lingkup serta target kinerja layanan TI.
Proses-proses uang dicakup dalam Service Operartion:
  • Event Management
  • Incident Management
  • Problem Management
  • Request Fulfillment
  • Access Management
e.) Continual Service Improvement
Continual Service Improvement (CSI) memberikan panduan penting dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi dan pengoperasiannya. CSI mengkombinasikan berbagai prinsip dan metode dari manajemen kualitas.
Penerapan ini merupakan pendahuluan dari Countinual Service Inprovement (CSI) berdasarkan ISO/IEC 20000, yang merupakan : 
  • Mencari tools yang dibutuhkan untuk mendukung dan memproses dokumen
  • Mengidentifikasikan kewajiban dan wewenang dari manajemen
  • Mengindetifikasikan proses aktivitas yang membutuhkan pengenalan
  • Mengindetifikasikan komparisasi tampilan berdasarkan CSI serta lifecycle yang lainnya
  • Mengindetifikasikan pemeriksaan yang dibutuhkan dalam melakukan eksekusi pada tahapan pemeriksaan

2. Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute (ITGI). COBIT digunakan untuk menjalankan penentuan atas IT dan meningkatkan pengontrolan IT. COBIT juga berisi tujuan pengendalian, petunjuk audit, kinerja dan hasil metrik, faktor kesuksesan dan maturity model. COBIT memiliki 4 cakupan proses :

  • Perencanaan dan Organisasi (plan and organise)
  • Pengadaan dan Implementasi (acquire and implement)
  • Pengantaran dan Dukungan (deliver and support)
  • Pengawasan dan Evaluasi (monitor and evaluate)
Komponen COBIT :
  • Framework
  • Proccess Descriptions
  • Control Objectives
  • Management Guidelines
  • Maturity Models
3. BusinessProcess Framework (eTOM)
Merupakan Framework proses bisnis untuk penyedia layanan telekomunikasi. eTOM proses dibagi menjadi 3 yaitu :
  • Strategy, Infrastructure & Product, menyediakan strategi serta infrastruktur yang akan digunakan untuk produk
  • Operations, operasi pada proses bisnis
  • Enterprise Management, manajemen secara kesuluruhan

Perbandingan :

Masing-masing framework atau kerangka kerja mempunyai jenis yang sama hanya saja konsep dalam pengembangan layanannya yang berbeda. Seperti halnya ITIL mempunyai 5 siklus hidup layanan. Perbedaan antara COBIT dan ITIL, kalau COBIT dia mengatur masalah objektif yang harus dicapai suatu organisasi sedangkan ITIL lebih kepada best practice tentang cara pengelolaan IT untuk mecapai objek organisasi. ITIL dan COBIT saling berhubungan soal layanan IT dan apabila dikaji lebih jauh ITIL bukan hanya sekedar delivery&support saja tapi kita petakan ke area COBIT lainnya. Sedangkan pada eTOM adalah framework proses bisnis untuk penyedia layanan telekomunikasi saja. Dimana melayani proses komunikasi dan lainnya.




Refrensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/IT_service_management
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
http://www.kajianpustaka.com/2014/02/pengertian-sejarah-dan-komponen-cobit.htmlhttps://en.wikipedia.org/wiki/COBIT
https://en.wikipedia.org/wiki/Business_Process_Framework_(eTOM)

Komentar

Postingan Populer