SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM/TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi Informasi (TI) atau dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah information technology (TI) adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi.
A.    Sejarah Teknologi Informasi
Pada awalnya manusia bertukar informasi melalui bahasa. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain namun tidak bertahan lama karena setelah ucapan itu selesai, Maka infromasi yang di dapat oleh penerima akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang. Kemudian ditemukannya Alfabet&Angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio,televisi,komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

  B.     Perkembang Komputer

Sejarah perkembangan komputer ada 5 generasi yang selalu berkembang sampai saat ini. Berikut adalah generasi-generasi komputer, Yaitu:
GENERASI PERTAMA (1944-1959)
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.
Dan dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar, berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

GENERASI KEDUA (1960-1964)
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu: “basic”, “collector” dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari 3 lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal. Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya: tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. Dan dengan demikian, komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar di pasaran.

GENERASI KETIGA (1964-1975)
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan berbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga. 
Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory.

GENERASI KEEMPAT (1975-SEKARANG)


Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi keempat yang merupakan pemadatan ribuan IC ke dalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal.

IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, di samping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang sangat singkat, komputer ini menjadi sangat popular.

GENERASI KELIMA (SEKARANG-MASA DEPAN)
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

C.     Perangkat Komputer


Perangkat Komputer adalah sekumpulan benda atau alat yang bekerja menurut fungsinya masing-masing dalam sebuah komputer untuk mencapai sebuah hasil dari komputer tersebut. Mungkin pendapat masyarakat yang belum tau apa itu komputer dan sebagainya, kebanyakan masih mengartikan komputer tersebut hanyalah model komputer PC (Portable Computer) atau Laptop saja. Padahal yang di maksud komputer sesungguhnya adalah alat yang alat dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan.

D.    Pemanfaatan Sist/TI

Untuk tujuan pengajaran. Karena dengan kita memanfaatkan teknologi yang telah diterapkan, pemikiran kita tidak lagi menuntut pengembangan inftastruktur pendukungnya. Dengan kata lain kita bisa lebih tau apa itu teknologi informasi dan tidak hanya memikirkan bagaimana mengembangkan program saja.

Perkembangan Perangkat Keras & Perangkat Lunak

Pemahaman komponen perangkat keras
Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer yang berfungsi untuk memberikan masukan, mengolah, dan menampilkan keluaran dan digunakan oleh sistem untuk menjalnkan perintah yang telah diprogramkan.
Perangkat keras juga merupakan bagian dari komputer. Dimana perangkat keras berfungsi sebagai eksekutor dari perintah yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak yang telah ditanamkan pada perangkat keras.

       Perangkat keras dengan pembagian tugasnya, Yaitu:
1. INPUT
Perangkat keras input adalah perangkat keras yang memberikan inputan/masukan  kepada sistem untuk diproses. Contoh dari perangkat keras input adalah:
· Keyboard
Keyboard adalah sekumpulan tombol yang berfungsi untuk memberikan intruksi berupa huruf ataupun angka. Seperti namanya keyboard berbentuk seperti papan dengan banyak tombol diatasnya.
· Mouse
Mouse adalah alat input yang berfungsi untuk menggerakan kursor atau pointer pada layar monitor. Mouse baru di perkenalkan sebagai alat input setelah adanya sistem operasi windows yang memungkinkan seorang pengguna untuk memilih sesuatu dengan menggunakan mouse.
· Scanner
Scanner adalah alat yang mampu menerjemahkan gambar analog menjadi gambar elektronik. Dengan bantuan cahaya yang ditembakkan oleh komponennya, bagian komponen lain yang berfungsi sebagai layar menangkap gambar tersebut kemudian merubahnya menjadi gambar dalam bentuk elektronik.

2.  PROSES

Perangkat keras pemrosesan disini yang dimaksud adalah prosessor/CPU. Prosessor adalah otak dari komputer. Prosessor sebagai perangkat keras pemrosesan mempunyai tiga buah perangkat pembentuknya yaitu:
· Control Unit (CU)
Control unit merupakan inti dari sebuah prosessor. CU berfungsi mengatur kerja utama dalam sebuah prosessor yaitu Sequencing logic, Control unit register and decoder, dan Control memory.
· Arithmetic logic unit (ALU)
ALU adalah bagian dari prosessor yang berfungsi untuk menyelesaikan perhitungan matematika dengan bantuan rumus logika sederhana
· Register
Register adalah tempat penyimpanan data sementara yang berada didalam processor untuk menunggu proses perhitungan oleh ALU

3.  PERANGKAT KERAS PENYIMPANAN

Perangkat keras penyimapanan (memori) adalah tempat dimana semua data disimpan. Perangkat keras penyimpanan dapat dibagi menjadi 2 macam menurut kecepatan dan kemampuannya dalam menyimpan yaitu:
· Memori Primer
Perangkat keras penyimapanan yang kecepatan datanya sangat cepat tetapi data yang disimpan tidak permanen. Data dimemory ini hanya dapat bertahan saat ada daya listrik yang mengalirinya. Memori ini berfungsi untuk membantu kerja prosessor untuk menyimpan data sementara disaat prosessor sedang mengeksekusi data lainnya. Memori jenis ini adalah RAM.
· Memori sekunder
Perangkat keras penyimpanan yang kecepatan datanya lebih lambat tetapi data didalamnya dapat bertahan meskipun suplai daya telah dihentikan. Memori jenis ini berfungsi menyimpan data yang telah diolah sehingga dapat dimanfaatkan kembali. Contohnya: Harddisk, Flashdisk, SSD, Dll.

4.      PERANGKAT KERAS OUTPUT

Perangkat keras output  adalah bagian akhir dari sebuah proses. Contoh dari perangkat keras output yaitu:
· Layar Monitor
Layar monitor menampilkan hasil dari inputan kita yang telah diproses oleh bagian pemrsosesan. Monitor menghasilkan output berupa gambar yang ditampilkan pada layar tersebut.
· Speaker
Speaker merupakan perangkat yang mengeluarkan suara dari data dan informasi yang diolah oleh CPU. Speaker merubah data menjadi sebuah gelombang bunyi sehingga kita dapat mendengarkannya.
· Printer
Printer adalah perangkat keras keluaran yang menghasilkan keluaran berupa tulisan dan gambar secara fisik melalui media kertas.

a) Pemahaman komponen perangkat lunak

1. Evolusi Perangkat Lunak
· Tahap Pertama (1950-1960).
Dimulai pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak pada tahap pertama mempunyai ciri-ciri berorientasi batch, distribusi software terbatas untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.

· Tahap Kedua (1960-1970)

Ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan.  Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat lunak yang beredar di pasaran serta muncul istilah database dalam perangkat lunak.

· Tahap Ketiga (1970-1990)

Dimulai pertengahan tahun  1970 sampai awal tahun 1990.  Pengembangan perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat.  Perangkat lunak sudah menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer harganya sangat murah.  Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada masa itu sudah sedemikian jauh.

· Tahap Keempat (1990-2000)

Dimulai tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi.  TIngkat kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.  Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel sangat mendominasi pada era ini.  Dan, pada masa ini pula pemrograman sudah berorientasi obyek (OOP).

PERANGKAT LUNAK SISTEM


2.  Klasifikasi Perangkat Lunak

- Sistem Operasi (Operating System)
- Program Aplikasi (Application Programs)
- Bahasa Pemrograman (Programming Languange)
- Program Bantu (Utility)

1) Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan perangakat keras (Hardware) dan perangkat lunak(Software) yang digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
- Menyimpan program dan aksesnya
- Mengalokasikan tugas penting
- Membagi tugas didalam CPU
- Merekam sumber-sumber DATA
- Memeriksa kesalah sistem
- Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan
- Multitugas pada OS, Windows 98, Windows XP, Windows 7

2) Program Aplikasi (Aplication Programs)

Program aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, pengolah lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3) Bahasa Pemrograman (Programing Languange)

Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh komputer. Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu:
· Bahasa tingkat rendah (Low Level Languange)
Bahasa ini juga disebut bahasa mesin (Asesembler). Dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.

· Bahasa tingkat tinggi (High Level Languange)

Bahasa ini termasuk bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa inggris. Contoh: COBOL, BASIC, PASCAL, dan FORTRAN.
 Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4GL (Fourth Generation Languange) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh: Visual Basic, Delphi, Visual C++

4) Program Bantu (Utility)

Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk, mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain. Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.

PERANGKAT LUNAK APLIKASI


Perangkat lunak aplikasi dikelompokan menjadi 2 yaitu:

· Program Aplikasi: Program khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu. Program aplikasi dibuat sesuai kebutuhan, misalnya: GL dan MYOB yang digunakan untuk perthitungan dan pelaporan akuntansi serta PAYROLL yang digunakan untuk penerapan keungan.
· Program Paket: Prgoram khusus yang digunakan banyak orang dengan berbagai kepentingan, program paket ini dikelompokan menjadi 8 yaitu:
Pengolahan Kata
Contoh: Ms.word,
- Pengolahan Angka
Contoh: Ms.excel
- Pengolahan data
Contoh: Ms.access, Dbase
- Pengolahan Presentasi
Contoh: Ms.powerpoint
- Pengolahan Grafis
Contoh: Corel Draw
- Pengolahan Statistik
Contoh: MicroStat dan SPSS
- Multimedia
Contoh: Windows media player
- Internet
Contoh: Internet Explorer untuk browser, Internet mail untuk email, Yahoo messanger untuk untuk berbincang-bincang menggunakan teks langsung










Komentar

Postingan Populer